Ads Top

Bakal Meningkatkan Geliat Sektor Industri, Tol Medan - Binjai Beroperasi Bulan Depan

Jalan Tol Medan-Binjai seksi 2 dan 3 yang menyambungkan Helvetia hingga Binjai sepanjang 10,46 km diproyeksi segera beroperasi pada September 2017. Ruas tol ini akan melengkapi 3 ruas tol lainnya yang bakal beroperasi pada September mendatang, yakni Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 41,6 km, Palembang-Indralaya 7,75 km dan Bakauheni-Terbanggi Besar 5,025 km.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), yang diterima detikFinance seperti dikutip di Jakarta, Rabu (16/8/2017), progres Tol Medan-Binjai saat ini yang menyambungkan Helvetia hingga Binjai telah mencapai fisik 99%, begitu pula dengan pengadaan tanah.

Sementara untuk seksi 1, saat ini masih mencapai progres fisik 16,72%. Progres ini jauh dari yang diharapkan dari rencana 81,5%. Kendala lahan menghambat pembangunan proyek tol tersebut di seksi I, di antaranya ada tiga bidang tanah yang belum dibebaskan di desa Tanjung Mulia, Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Hal ini membuat seksi 1 Tol Medan-Binjai diproyeksi baru bisa beroperasi pada Oktober tahun depan.

Adapun pekerjaan yang tengah dilaksanakan di ruas ini meliputi pekerjaan tanah, drainase, struktur simpang susun, struktur overpass, barrier dan pekerjaan gerbang tol.

Tol Medan-Binjai sendiri diharapkan bisa meningkatkan geliat industri di Sumatera Utara, karena bakal bisa menghubungkan Kota Medan langsung ke Pelabuhan Belawan. Sebagai alternatif jalur kendaraan, diharapkan tol ini dapat mengurangi beban pada jalur yang sudah ada dan mempermudah akses serta meningkatkan keterhubungan.

No comments:

Powered by Blogger.