Ads Top

Bom ISIS Hantam Jemaah Syiah, Tewaskan 70 Orang

Sedikitnya 70 orang tewas di Irak dalam serangan sebuah bom truk. Sebagian besar korban diketahui merupakan kaum Syiah asal Iran.

Serangan di dekat kota Hilla, sekitar 100km dari Ibu Kota Baghdad, menghantam para jemaah Syiah yang sedang dalam perjalanan pulang ke Iran dari Karbala, Irak.

Mereka datang ke Karbala untuk mengenang kematian Imam Hussein, cucu Nabi Mohammad yang tewas sebagai martir pada Abad Ketujuh.

Seorang pejabat keamanan setempat, Falah al-Radi Radhi, mengatakan kepada BBC bahwa jumlah korban jiwa diperkirakan masih akan terus bertambah.

Kelompok militan yang menamakan diri ISIS, sudah mengaku bertanggung jawab atas serangan maut tersebut.

Melalui pernyataan yang diterbitkan oleh kantor beritanya, Amaq, ISIS mengklaim jumlah korban jiwa dan yang cedera mencapai 200 orang.

Stasiun pengisian bahan bakar di kampung Shomali yang menjadi lokasi serangan memiliki sebuah restoran yang populer di kalangan para pelancong.

Lima bus yang membawa jemaah Syiah itu dilaporkan terbakar terkena ledakan bom yang berasal dari sebuah truk berisi bahan peledak, menurut polisi.

Sekitar 17 juta hingga 20 juta orang datang ke Karbala yang yang merupakan tempat makam Imam Hussein untuk acara Arbain, yang mencapai puncaknya pada Senin (21/11/2016) awal pekan ini.

ISIS dalam beberapa bulan belakangan tampaknya meningkatkan serangan sejalan dengan operasi militer ang didukung Amerika Serikat untuk merebut kembali Mosul, yang merupakan kota besar terakhir di Irak yang masih dikuasai ISIS. (inilah.com)

No comments:

Powered by Blogger.