Ads Top

Fahri Hamzah: Itu Proses Nonton kampanye, Tak Masalah!

Setya Novanto dan Fadli Zon hadiri kampanye Capres Amerika. ©usatoday.com
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, membela koleganya sesama pimpinan DPR RI, Setya Novanto dan Fadli Zon, yang tertangkap kamera berpelesir ke kampanye Capres Amerika Serikat (AS) Donald Trump di sela kunjungan resmi ke markas PBB di AS.

"Saya duga itu spontan saja. Kan lagi pengantar musim kampanye. Sebagai proses nonton kampanye di sana, tak masalah," kata Fahri Hamzah, Jumat (4/9).

Fahri mengaku belum mendapat laporan resmi soal aktivitas Setya dan Fadli di AS. Namun yang jelas, ada pertemuan para pimpinan parlemen dunia di AS, dan keduanya hadir di sana dalam rangka itu.

Selain itu, ada juga rencana bertemu Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) AS. Itu sebabnya, wajah Ketua BURT DPR RI yang belakangan moncer akibat pemberitaan soal Gedung baru DPR, Roem Kono, juga terlihat di gambar video televisi.

"Memang ada rencana DPR dan Kongres AS untuk kerja sama meningkatkan kapasitas DPR. Saya mau beri tahu juga kongres AS suprise dengan perkembangan legislatif di Indonesia," kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon tertangkap kamera sedang mengikuti dan berada di jajaran depan peserta kampanye capres AS dari Partai Republik, Donald Trump. Hal itupun langsung mengundang kontroversi di Indonesia, khususnya di media sosial.

Di kalangan parlemen, protes keras mulai bermunculan dari sesama anggota DPR RI. Anggota Komisi Pertahanan dan Hubungan Internasional Charles Honoris menilai baik Setya Novanto dan Fadli Zon sudah bisa dianggap melanggar etika DPR RI karena hadir di acara kampanye calon presiden warga negara lain. Menurut Charles, baik Setya maupun Fadli bersikap ngawur dengan kehadiran di sana. Keduanya juga dianggap melanggar etika anggota dewan. (sumber: beritasatu.com)

No comments:

Powered by Blogger.