Ads Top

LIPI: Kelompok Radikal di Kubu Anies Membuat Islam Tradisional Kompak Dukung Ahok

Ketua Tim Pemenangan Ahok-Djarot, Prasetio Edi Marsudi mengungkapkan rasa optimistisnya kepada Basuki-Djarot karena berdasarkan survei internal, elektabilitas pasangan Ahok-Djarot terus membaik. Ia yakin pasangan nomor dua tersebut dapat memenangkan Pilkada DKI 2017.

Mengenai semakin meningkatnya elektabilitas Ahok-Djarot di Pilgub DKI Jakarta 2017 putaran kedua, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amin Mudzakkir menilai isu suku, agama ras, dan antarkelompok (SARA) justru bakal menguntungkan pasangan calon Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Menurut Mudzakkir, penganut Islam tradisional akan semakin gerah dengan pergerakan Islam radikal. Mudzakkir juga menjelaskan, sangat terbuka kemungkinan pihak-pihak yang tadinya enggan berpartisipasi mengubah pikirannya. Kehadiran kelompok radikal di pihak Anies lah yang secara tak langsung memaksa mereka mendukung Ahok.

"Jadi saya melihat kelompok Al-Kahthtath (Forum Umat Islam), HTI, segala macam, yang secara terang-terangan mendukung Anies Baswedan dan membuat kelompok Islam tradisionalis tidak nyaman walaupun mereka tidak suka dengan Ahok," ungkap Mudzakkir.

Tidak bisa dipungkiri, elektabilitas Ahok-Djarot yang kian membaik juga diikuti banyaknya dukungan yang terus mengalir kepada mereka. Seperti yang dilakukan oleh Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan calon gubernur-wakil gubernur, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Eddy Sadeli yang mengaku telah mengalihkan dukungannya kepada pasangan Ahok-Djarot.

Sebelumnya, Gerakan Relawan Agus-Sylvi (GERASI) telah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat di Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Selain itu, hal serupa juga dilakukan Relawan Bina Jakarta se-Jakarta Timur yang merupakan para pendukung pasangan Agus Harimuri-Sylviana Murni.

Mereka juga telah mendeklarasikan dukungan mereka kepada Ahok-Djarot. Para Relawan Bina Jakarta sendiri merupakan kader Partai Demokrat se-Jakarta Timur, mereka berkumpul di Jakarta, untuk mendeklarasikan dukungan dan menyatakan diri untuk mencoblos Ahok-Djarot pada pemungutan suara 19 April mendatang.

No comments:

Powered by Blogger.