Ads Top

Masuk Proyek Strategis Nasional, Jokowi kebut Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

Salah satu ruas tol Trans Sumatera yang segera beroperasi pada tahun ini adalah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Ruas ini merupakan salah satu proyek tol yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diatur Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan PSN.

Setidaknya ada 14 kilometer dari total panjang ruas tol 140,7 km yang diproyeksi oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bakal dioperasionalkan hingga akhir tahun nanti.

Di antaranya adalah paket 2 yang menyambungkan Sidomulyo dan Kota Baru pada segmen Lematang menuju Kotabaru sepanjang 5,025 km. Lalu paket 1 yang menyambungkan Bakauheni-Sidomulyo dari segmen interchange Pelabuhan Bakauheni menuju Bakauheni sepanjang 8,9 km.

Berdasarkan data BPJT yang diterima detikFinance, Rabu (16/8/2017), saat ini progres konstruksi paket 2 secara keseluruhan (40,5 km) baru mencapai 29,08%. Namun direncanakan, sepanjang 5 km dari Lematang menuju Kotabaru bakal dioperasionalkan September mendatang. Paket ini sebelumnya telah dibuka oleh pemerintah pada arus mudik Lebaran Juni lalu.

Tampak telah terbangun badan jalan tol dan juga rambu penunjuk arah pada segmen tersebut, sementara pada segmen lainnya di paket 1 masih dalam pengerjaan.







Begitu pula pada paket 1 yang menyambungkan Bakauheni-Sidomulyo dari segmen interchange Pelabuhan Bakauheni menuju Bakauheni sepanjang 8,9 km. Segmen yang rencananya dioperasionalkan pada November mendatang, saat ini masih terus dikebut pengerjaannya. Secara keseluruhan pada paket 1 (39,4 km), saat ini progres fisiknya telah mencapai 53,8%.

Diharapkan pada Juni 2018 nanti, total 140,7 km dari ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar bakal beroperasi secara keseluruhan. Tersambungnya Bakauheni dan Terbanggi Besar oleh jalan tol bakal mampu mempersingkat waktu tempuh dari dua lokasi tersebut yang sebelumnya membutuhkan waktu 4 jam bisa terpangkas menjadi 50% lebih cepat. (detikcom)

No comments:

Powered by Blogger.